Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT ACAR TIMUN SEGAR DAN LEZAT

Rabu, 11 September 2013 0 komentar

Mentimun adalah buah-buahan yang memiliki kadungan air sekitar 90%. Indonesia merupakan salah satu negeri yang mempunyai ketersediaan tanaman serta buah mentimun yang melimpah hingga di pasar-pasar mentimun mempunyai harga yang relatif terjangkau. Mentimun sendiri mempunyai banyak manfaat yang terkandung didalamnya serta mentimun juga mempunyai rasa yang segar karena memiliki banyak kandungan air. Kadang kala mentimun sering dikonsumsi tanpa diolah lagi menjadi suatu hidangan, akan tetapi mentimun lebih nikmat lagi disantap ketika sudah diolah menjadi acar timun.
Adapun dalam artikel ini akan dibahas tentang resep serta bagaimana cara membuat olahan mentimun yang segar dan nikmat ini :

Bahan-bahan :
  1. 1 kg mentimun segar.
  2. 2 buah wortel (bersihkan lalu kupas kulitnya).
  3. 3 siung bawang merah.
  4. 1 Siung bawang putih.
  5. 3 buah cabai merah (bisa juga menggunakan cabai rawit).
  6. 2 sdm cuka makan.
  7. 3 sdm gula pasir.
  8. 1 sdt garam halus.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula potong bagian ujung mentimun lalu selanjutnya potong-potong mentimun menjadi bentuk korek api lidi memanjang, usahakan untuk pemotongannya agak sedikit tebal agar lebih terasa mentimunnya ketika dimakan.
  • Setelah itu, potong-potong juga wortel sama seperti ketika memotong mentimun tadi. Selanjutnya, iris-iris tipis bawang merah, bawang putih serta cbai merah.
  • Setelah semua bahan dipotong potong, rebus sebentar bahan-bahan yang telah dipotong tadi hingga setengah matang lalu angkat dan tiriskan.
  • Selanjutnya, tambahkan cuka makan, gula pasir, serta garam halus kedalam bahan yang direbus tadi lalu aduk hingga tercampur rata.
  • Terakhir, Sajikan acar timun diatas mangkuk sebagai hidangan pelengkap.
Selamat mencoba resep dan cara membuat acar timun segar dan lezat ini, semoga dapat bermanfaat bagi ibu-ibu dirumah sekalian. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar