Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT KUE SERABI KEJU ENAK DAN GURIH KHAS BANDUNG

Minggu, 29 September 2013 0 komentar

Serabi atau masyarakay Indonesia juga sering menyebutnya dengan nama Surabi adalah kudapan serta jajanan pasar khas dari daerah Bandung. Serabi atau surabi ini sendiri mempunya1 2 jenis macamnya, pertama yaitu serabi manis yang memakai kinca sebagai bahan utamanya dan yang kedua yaitu serabi asin, dimana kue ini menggunakan olahan oncom sebagai taburan diatasnya. Di daerah Bandung, biasanya serabi dijual pada pagi hari yang dimasak dengan memakai tungku sehingga memiliki rasa serabi yang lezat. untuk taburan pada kue serabi ini biasanya ada yang memakai telur ayam kocok. Akan tetapi sesuai dengan zaman yang makin berkembang ini banyak variasi rasa yang disajikan sebagai taburan diatas kue serabi, ada yang menggunakan parutan keju, potongan sosis dan masih banyak variasi-variasi lainnya sehingga serabi ini menjadi panganan rakyat yang bisa dibilang sederhana namun kaya akan citarasanya.
Adapun dalam artikel kali ini akan dijelaskan apa resep serta bagaimana cara membuat jajanan yang enak ini.

Bahan :

  1. 250 gram tepung beras (kwalitas baik).
  2. 150 gram kelapa parut muda.
  3. 500 ml santan kelapa.
  4. 1/2 sdt garam halus.
  5. 2 sdm minyak goreng.
  6. Keju parut secukupnya.
Bahan larutan gula :
  1. 500 ml santan kelapa.
  2. 250 gram palm sugar.
  3. 2 lembar daun pandan (ukuran 20 cm kemudian ikat simpul).
  4. 1/2 sdt garam halus.
Cara membuatnya :
  1. Mula Campurkan tepung beras, kelapa parut, garam, lalu tuangkan pula santan kelapa secara perlahan sambil diaduk hingga adoanan merata.
  2. Setelah itu, siapkan cetakan serabi kemudian beri sedikit minyak goreng. Kemudian tuangkan adonan tadi kedalamnya lalu masak adonan serabi sampai mengeluarkan gelembung-gelembung kecil lalu tambahkan parutan keju diatasnya dan masak hingga matang. Lalu angkat dan tiriskan.
  3. Masak semua adonan hingga habis.
  4. Selanjutnya, masak semua bahan larutan gula merah hingga mendidih, setelah mendidih lalu angkat dan dinginkan.
  5. Terakhir, Sajikan kue serabi diatas piring saji lalu tuangkan larutan gula diatasnya.
Selamat mencoba resep dan cara membuat kue serabi keju enak dan gurih khas Bandung, semoga dapat bermanfaat bagi ibu-ibu dirumah dalam menyajikan makanan lezat dirumahnya. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar