Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT NASI MEGONO ENAK DAN LEZAT KHAS PEKALONGAN

Sabtu, 14 September 2013 0 komentar

Nasi merupakan makanan pokok khususnya orang asia. Banyak aneka olahan dari bahan dasar berupa nasi, mulai dari nasi goreng, nasi liwet dan banyak lagi olahan-olahan nasi yang ada di Indonesia ini. Dalam artikel ini akan dibahas tentang Nasi megono yang mempunyai cita rasa yang khas.
Nasi megono merupakan panganan khas dari Jawa Tengah. Nasi megono ini sangat mudah dijumpai di daerah sekitar Pekalongan serta di warung sepanjang jalan kota pekalongan, hingga ke daerah Pemalang. Nasi Megono memiliki bahan dasar berupa nasi yang diberi irisan nangka muda dan diaduk dengan kelapa parut serta ditambah dengan bumbu-bumbu lainnya. panganan ini juga biasanya dihidangkan bersama dengan tempe mendoan.
Adapun resep serta cara mengolah panganan lezat ini sebagai berikut.

Bahan-bahan :

  1. 1 litter beras.
  2. Opor ayam (secukupnya).
  3. sayur urap.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula cuci beras hingga bersih, kemudian kukus beras hingga setengah matang lalu matikan apinya. Setelah itu, diamkan hingga air meresap.
  • Selanjutnya masak kembali beras setengah matang tadi hingga matang.
  • Setelah nasi matang, kukus kembali menjadi suatu susunan antara lain :
  1. Masukkan kembali sedikit nasi kedalam kukusan, lalu tambahkan sedikit sayur urap dan sedikit opor ayam.
  2. Kemudian timpa lagi dengan nasi dan tambahan pula sedikit sayur urap dan apor ayam diatasnya.
  3. Lakukan lapisan-lapisan tersebut hingga bahan habis terlapisi. Kukus menggunakan api kecil lalu setelah dirasa cukup matang angkat dan tiriskan.
  • Terakhir sajikan nasi megono diatas piring saji dan jangan lupajuga diberi tambahan lauk pauk seperti tempe mendoan, ikan teri goreng, serta kerupuk atau rempeyek.
Selamat mencoba resep dan cara membuat nasi megono enak dan lezat khas Pekalongan ini, Semoga dapat membantu ibu-ibu dirumah dalam proses membuatnya. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar