Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT ONGOL-ONGOL MANIS DAN LEZAT KHAS INDONESIA

Kamis, 26 September 2013 0 komentar

Ongol-Ongol merupakan salah satu dari sekian banyak jenis kue basah atau panganan ringan tradisional khas Indonesia. Ongol-ongol ini sendiri mempunyai bahan utama yang diantaranya terdiri dari tepung sagu yang diolah bersama dengan air matang, gula aren, beberapa helai daun pandan, kelapa serta garam halus. Biasanya ongol-ongol ini saat penyajiannya ditaburi dengan parutan kelapa kukus dengan rasa kue yang manis dari gula arennya sehingga panganan ini sangat banyak peminatnya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.
Dalam pembahasan artikel kali ini akan dijelaskan tentang apa resep serta bagaimana cara membuat kue basah yang gurih dan lezat ini.

Bahan-bahan :

  1. 150 gram tepung sagu (kwalitas baik).
  2. 350 ml air matang.
  3. 200 gram gula aren (sisir halus).
  4. 2 lembar daun pandan ukuran 20 cm.
  5. 150 gram kelapa parut (kemudian kukus dengan menggunakan 1/2 sdt garam halus)
Cara membuatnya :
  • Mula-mula aduk-aduk tepung sagu bersama dengan air matang yang telah disiapkan tadi hingga tercampur rata.
  • Selanjutnya, rebus gula aren bersama dengan daun pandan sambil sesekali diaduk lalu masak hingga gula larut dan mendidih. Setelah mendidih kemudian angkat dan tiriskan.
  • Setelah itu, tuangkan larutan tepung sagu kedalam larutan gula aren tadi lalu diaduk hingga semua bahan tercampur rata. kemudian masak kembali adonan dengan menggunakan api sedang hingga adonan mengental.
  • setelah adonan dirasa cukup mengental, selanjutnya tuangkan adonan ke dalam loyang atau wadah kemudian dinginkan.
  • Terakhir setelah adonan ongol-ongol dingin serta mengeras, iris ongol-ongol sesuai keinginan lalu sajikan dengan tabguran kelapa parut diatasnya.
Selamat mencoba resep dan cara membuat ongol-ongol manis dan lezat khas Indonesia ini, semoga memberikan manfaat dan dapat membantu ibu-ibu dirumah dalam menghidangkan santapan lezat dirumahnya. terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar