Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT SAMBAL GORENG TEMPE YANG GURIH DAN LEZAT KHAS INDONESIA

Sabtu, 07 September 2013 0 komentar

Sambal atau sambel merupakan salah satu jenis panganan pelengkap yang mempunyai rasa pedas dimulut tetapi akan sangat nikmat disantap ketika dicampurkan dengan nasi yang masih hangat dan lauknya. Orang Indonesia terkenal akan kesukaannya terhadap makanan pedas terutama sambal. Sambal mempunyai banyak variasi pengolahannya, mulai dari sambal terasi, sambal tumis, sambal kentang, sambal goreng tempe serta masih banyak lagi variasi sambal yang dapat diolah. Dalam artikel kali ini akan difokuskan membahas tentang apa resep dan bagaimana cara membuat sambal goreng tempe. Sambal goreng tempe ini menggunakan bahan dasar berupa tempe yang kemudian dicampur dengan racikan sambal dan kemudian digoreng goreng kering hingga tempe sedikit garing.
adapun langkah-langkah dalam membuat sambal goreng tempe ini antara lain :

Bahan-bahan :
  1. 500 gram tempe kwalitas baik.
  2. 150 gram ikan teri (cuci bersih).
  3. 1 buah kentang (kupas lalu potong dadu).
  4. Minyak goreng secukupnya (untuk menggoreng).
Bahan bumbu yang akan dihaluskan :
  1. 12 buah cabai merah keriting (kupas bagian tangkainya).
  2. 10 siung bawang merah.
  3. 4 siung bawang putih.
  4. 1/2 sdm terasi (bakar).
  5. 1 batang serai (geprek dan memarkan).
  6. 2 ruas lengkuas (kira-kra ukuran 5 cm).
  7. 100 gram gula merah (sisir halus).
  8. 4 sdm air asam jawa.
  9. 1 sdt garam halus.
Cara Membuatnya :
  • Mula-mula iris-iris kecil tempe menyerupai korek api lidi. Kemudian goreng ikan teri, potongan kentang, dan tempe yang sudah diiris tipis tadi hingga matang lalu angkat dan tiriskan.
  • Selanjutnya, ulek hingga halus bahan bumbu yang dihaluskan seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, terasi dan air asam. Ditempat terpisah, panaskan kembali minyak goreng secukupnya kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi bersama dengan serai, lengkuas, gula merah, serta air asam jawa lalu tumis hingga harum.
  • Setelah itu masukkan tempe, ikan teri, kentang yang sudah digoreng tadi serta garam halus kedalam tumisan sambal dengan api yang kecil, lalu Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  • Terakhir, angkat dan sajikan sambal goreng tempe diatas mangkuk sebagai hidangan pelengkap.
Selamat mencoba resep dan cara membuat sambal goreng tempe yang gurih dan lezat khas Indonesia ini, semoga dapat membantu serta menambahkan resep masakan didapuribu-ibu dirumah. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar