Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT SAMBAL TUK TUK GURIH DAN LEZAT KHAS TAPANULI

Rabu, 18 September 2013 0 komentar

Sambal Tuk tuk merupakan olahan sambal khas dari masyarakat Batak, khususnya dari daerah Tapanuli. Bahan-bahan yang digunakan untuk mengolah sambal tuk tuk ini pada dasarnya simpel dan tidak berbeda dengan bahan-bahan sambal pada umumnya. Hanya saja sambal tuk tuk ini sedikit berbeda yaitu dengan adanya andaliman. Tanaman andaliman adalah tumbuhan yang banyak sekali tumbuh di daerah Sumatera Utara, tanaman ini bentuknya hampir serupa dengan tanaman Szechwan Pepper.
sambal ini juga memiliki bahan lalin yang dicampurkan yaitu ikan teri kering atau bisa juga memnggunakan ikan aso-aso. Ikan aso-aso ini hampir mirip dengan ikan kembung yang kemudian dikeringkan.

Bahan-bahan:
  1. 1 sdm tanaman Andaliman.
  2. 100 gram ikan teri kering.
  3. 10 buah cabai merah keriting.
  4. 3 buah cabai rawit merah.
  5. 2 siung bawang bombay.
  6. 2 buah kemiri sangrai.
  7. 1 teh air jeruk nipis.
  8. Garam halus secukupnya.
Cara membuatnya :
  • mula-mula siapkan wajan kemudian masukkan cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang bombai, serta kemiri yang telah disangrai lalu sangrai hingga wangi.
  • Selanjutnya, ulek hingga halus semua bahan yang disangrai tadi lalu tambahkan tanaman Andaliman.
  • Setelah itu, masukkkan pula ikan teri kedalam ulekan sambal tadi kemudian ulek kembali hingga semua bahan tercampur rata dan halus.
  • Terakhir, sajikan sambal tuk tuk dan tambahkan pula air perasan jeruk nipis agar sambal terasa lebih gurih.
Selamat mencoba resep dan cara membuat sambal tuk tuk gurih dan lezat khas Tapanuli ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar