Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT SUP KACANG MERAH (Bruine Bonensoep) ENAK DAN LEZAT

Minggu, 01 September 2013 0 komentar

Kacang merupakan salah satu jenis makanan yang kaya protein. kacang mempunyai banyak jenisnya, mulai dari kacang tanah, kacang panjang, buncis, kacang merah, kacang polong, kacang mente dan masih banyak lagi jenis kacang-kacangan lainnya. Dari sekian banyak jenis kacang-kacangan, dalam resep kali ini kita akan mengolah bahan makanan dari kacang merah. Kacang merah biasanya digunakan sebagai bahan pelengkap untuk minuman dingin seperti es cendol. Selain itu kacang merah ini dapat kita olah menjadi bruine bonensoep (bruin artinya cokelat, sedangkan bonen artinya kacang) atau sup kacang merah.
Bruine bonensoep atau soup kacang merah merupakan masakan khas dari negeri Belanda yang kemudian ditirukan oleh penduduk Indonesia khususnya penduduk dibagian timur Indonesia. panganan Ini adalah sup yang kaya akan rempah yang diolah dari kacang merah bersama dengan bumbu rempah serta daging.

Bahan :
  1. 250 gram kacang merah (cuci bersih).
  2. 250 gram daging sapi (cuci bersih kemudian potong dadu).
  3. 5 siung bawang merah.
  4. 1 buah wortel (kupas lalu iris tipis).
  5. 1 batang seledri (iris tipis).
  6. 1 batang prei (iris tipis).
  7. 1/2 sdt lada bubuk.
  8. 1/2 sdt pala.
  9. Garam halus secukupnya.
Cara Membuatnya :
  • Pertama rebus daging menggunakan 3 gelas air hingga daging terendam. Kemudian masukkan juga bawang merah, potongan wortel, seledri yang telah diiris tipis, prei, lada, pala, serta garam halus lalu masak hingga mendidih dan daging menjadi empuk. Setelah mendidih kecilkan apinya.
  • Setelah itu masukkan kacang merah yang telah dicuci bersih kedalam rebusan daging dan bumbu tadi lalu masak kembali hingga kacang merahnya empuk.
  • Setelah semua bahan matang, kemudian angkat dan sajikan sup kacang merah diatas piring saji.
Sup kacang merah sangat nikmat disantap ketika sup masih dalam keadaan hangat. Selamat mencoba resep dan cara membuat sup kacang merah enak dan lezat ini, semoga dapat membantu ibu-ibu dirumah dalam membuatnya. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar