Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT WINGKO BABAT MANIS DAN LEZAT KHAS INDONESIA

Kamis, 05 September 2013 0 komentar

Wingko atau masyarakat sering menyebutnya Wingko babat merupakan salah satu dari sekian banyak panganan tradisional Indonesia. Wingko babat merupakan sejenis kue basah yang dibuat dari kelapa sebagai bahan utamanya serta ditambah bahan-bahan pelengkap lainnya. Di daerah Jawa khususnya diwilayah pantai utara wingko babat sangatlah terkenal sehingga menjadi salah satu oleh-oleh khas untuk keluarga tercinta.
Bentuk dari wingko babat sendiri berbentuk bundar dan sedikit keras serta biasanya kue lembut ini dihidangkan dengan potongan-potongan kecil dan dalam keadaan hangat sebagai teman minum teh. Rasa dari perpaduan gula dan kelapa menjadikan wingko babat ini menjadi begitu lezat.
Adapun resep serta bagaimana cara membuat kue ini sebagai berikut.

Bahan-bahan :
  1. 550 gram Tepung ketan.
  2. 75 gram Tepung kanji.
  3. 300 ml santan kelapa kental.
  4. 450 gram kelapa setengah tua (parut).
  5. 400 gram gula pasir.
  6. 1 sdm margarin.
  7. 1 lembar daun pandang (ukuran 20 cm kemudian ikat simpul).
  8. 1/2 garam halus.
  9. 1/2 sdt vanili bubuk.
  10. Daun pisang secukupnya (sebagai alas).
Bahan untuk polesan :
  1. 2 butir telur (ambil kuningnya saja).
  2. 1/2 sdm margarin.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula rebus santan bersama gula pasir, garam halus dan 1 lembar daun pandan hingga mendidih dan agak mengental.
  • Selanjutnya di tempat terpisah, aduk tepung ketan bersama dengan tepung kanji, kelapa yang telah diparut, margarin serta vanili bubuk lalu aduk hingga adonan tercampur rata. Setelah itu, tuangkan rebusan santan tadi secara perlahan sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis dan sedikit berminyak.
  • Siapkan cetakan atau loyang yang sudah diberi alas daun pisang. Kemudian tuangkan adonan tadi kedalam cetakan lalu ratakan adonan tersebut.
  • Selanjutnya, panggang adonan yang sudah dimasukkan kedalam cetakan tadi menggunakan oven dengan suhu kira-kira 160 derajat celcius selama 20-25 menit. Setelah di panggang kira-kira 20 menit lalu keluarkan adonan dari oven, beri olesan pada bagian permukaan adonan dengan bahan untuk olesan yang sudah disiapkan.
  • Setelah adonan tadi diolesi, panggang kembali hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  • Terakhir, potong-potong wingo babat menjadi beberapa bagian kecil lalu sajikan diatas piring saji.
Selamat mencoba resep dan cara membuat wingko babat manis dan lezat khas Indonesia ini, semogga dapat menambahkan wawasan serta pengetahuan ibu-ibu dirumah dalam proses pembuatannya. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar