Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT MARTABAK ACEH LEZAT

Jumat, 25 Oktober 2013 0 komentar

Martabak aceh ialah panganan atau kudapan khas Aceh yang bentuknya sekilas tampak seperti martabak telur pada umumnya. Dalam membuat makanan ini agak sedikit beda dengan martabak telur biasanya. Mula-mula dimulai dengan menggoreng kulit panganan ini dulu yang dibentuk persegi biasa, seperti dalam membuat roti canai. Selanjutnya kulit martabak ini dituangi dengan menggunakan kocokan telur yang sudah diberi campuran bumbu-bumbu kemudian digoreng seperti halnya membuat telur dadar.
Martabak Aceh ini sudah sangat terkenal hingga keluar daerah Aceh, Bahkan panganan lezat ini juga sudah divariasikan bersama dengan bumbu kari serta dengan gulai dagingnya.
Adapun resep serta proses dalam membuat kudapan lezat ini sebagai berikut.

Bahan untuk adonan telurnya :
  1. 3 sdm minyak goreng (untuk tumisan).
  2. 1 siung bawang bombay (iris-iris tipis).
  3. 2 siung bawang putih (cacah halus).
  4. 2 batang seledri (iris-iris tipis).
  5. 2 batang bawang daun (iris-iris tipis).
  6. 200 gram udang kecil (potong kecil).
  7. 200 gram dada ayam yang telah direbus (suir-suir).
  8. 1 sdt garam halus.
  9. 8 butir telur ayam.
Bahan untuk adonan kulitnya :
  1. 400 gram tepung terigu.
  2. 175 ml air matang.
  3. 50 gram margarine.
  4. 1 sdt garam halus.
  5. 2 butir telur ayam.
Bahan pelengkap :
  1. Acar timun.
  2. kuah kari daging.
Cara membuatnya :
  • Untuk membuat adonan telurnya : Mula-mula hangatkan minyak goreng lalu tumis bawang putih serta bawang bombay hingga wangi. Tambahkan juga kedalamnya udang, suiran daging ayam serta garam kemudian masak kembali hingga benar-benar matang lalu angkat.
  • Setelah itu pecahkan semua telur dalam suatu wadah lalu kocok telur bersama dengan tumisan hingga tercampur rata lalu sisihkan.
  • Untuk membuat adonan kulitnya : Aduk tepung terigu bersama dengan margarine dan garam halus lalu aduk adonan tersebut hingga seperti berpasir. Setelah itu pecahkan 2 butir telur kedalamnya lalu aduk rata, kemudian tambahkan air matang secara perlahan sambil diaduk hingga adonan menjadi kalis.
  • Selanjutnya ambil adonan kulit kira-kira 75 gram kemudian bentuk bulat. Lakukan langkah ini hingga adoanan kulit habis setelah itu rendam adonan dalam minyak sayur dan tutupi dengan menggunakan kain serbet kurang lebih 1 jam.
  • Setelah itu, ambil 1 adonan kulit lalu tipiskan kiraq-kira setebal ½ cm dengan diameter sekitar 15-20 cm.
  • Kemudian hangatkan minyak goreng secukupnya diatas wajan pipih lalu goreng adonan kulit tadi hingga matang dengan warna agak kecoklat-coklatan lalu angkat dan sisihkan. (Ulangi lagi tahap memipihkan serta menggoreng adonan kulit ini sampai semua adonan kulit habis).
  • Panaskan kembali minyak goreng secukupnya kemudian masukkan 1/3 dari adonan telur lalu pipihkan dan ratakan sampai kira-kira selebar wajannya.
  • Ketika adonan telur yang digoreng tadi sudak mulai memadat, taruh 1 buah kulit yang telah goreng tadi di bagian tengahnya lalu lipat sisi-sisi telur sampai menutupi semua adonan kulit gorengnya. Goreng hingga kesemua sisi telur matang lalu angkat. (Lakukan langkah-langkah ini sampai adonan telurnya habis).
  • Terakhir, sajikan martabak aceh ini bersama dengan kuah kari daging dan acar timun agar rasanya lebih lezat.
Selamat mencoba resep dan cara membuat martabak Aceh lezat ini, semoga resep kali ini dapat memberikan manfaat bagi ibu-ibu dirumah dalam proses membuatnya. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar